Apakah Geomatika Itu??

 

Pepatah mengatakan, “tak kenal maka tak sayang”. Oleh karena itu sebelum kita melangkah lebih jauh alangkah baiknya kalau kita mencari tahu apa itu Geomatika. Cekidot brohh :)

Geomatika adalah bidang ilmu modern yang mengintegrasikan pengumpulan, pemodelan, analisis dan manajemen data spasial (berbasis lokasi). Data spatial didapat melalui pengukuran terestris, laut, wahana angkasa dan sensor-sensor satelit dengan beracuan pada kerangka dasar Geodesi. Termasuk juga proses transformasi data spasial dari berbagai sumber pengukuran ke dalam suatu sistem informasi dengan karakteristik ketelitian yang terdefinisi dengan baik.

Geomatika mempunyai aplikasi dalam semua disiplin yang berhubungan dengan data spasial, misalnya studi lingkungan, perencanaan wilayah dan kota, kerekayasaan, navigasi, geologi & geofisika, dan pengelolaan pertanahan. Oleh karena itu geomatika sangat fundamental terhadap semua disiplin ilmu kebumian yang menggunakan data spasial, seperti ilmu ukur tanah, penginderaan jauh (foto udara atau dengan gelombang elektromagnetik), kartografi, sistem informasi geografik (SIG), danglobal positioning system (GPS).

Kebanyakan orang awam masih kebingungan untuk membedakan antara Geodesi dan Geomatika, sejatinya kedua disiplin ilmu ini adalah sama yang membedakan hanyalah ruang lingkup keilmuannya saja.

Geodesi adalah suatu disiplin ilmu kebumian yang mempelajari bumi, termasuk ukuran dan representasinya di atas kertas maupun dalam bentuk tiga dimensi, termasuk besaran gravitasi di permukaan bumi. Geomatika adalah disiplin ilmu yang mengumpulkan, menyimpan, memproses, dan menyajikan data spasial bumi. Geodesi sendiri berada di dalam geomatika.

Leave a comment